bg-mask-group
Article

Author

Eko Septiady

Posted Date

Sep 15, 2022

Article
Koplo, Musik Patah Hati Para Gen Z

Hadirnya musik koplo yang dibawakan oleh Farel Prayoga di upacara kemerdekaan 17 Agustus 2022 yang lalu, tentunya berhasil meramaikan bukan hanya Istana Negara, namun juga dunia maya. Beberapa waktu kemudian, kolaborasi live antara Feel Koplo dan band internasional The Walters yang membawakan lagu ‘I Love You So’ dengan aransemen koplo, juga berhasil membuat musik koplo semakin dikenal oleh banyak orang.  Semua kalangan tanpa mengenal umur, suku dan budaya menikmati musik dengan ciri khas irama gendang ini bersama-sama. Koplo atau yang dikenal dengan dangdut koplo adalah sub aliran musik dangdut yang menonjolkan instrumen gendang didalamnya. Siapa sangka, kini musik koplo menjadi ramai di platform media sosial yang juga digandrungi Generasi Z, yaitu TikTok. Di tengah gempuran jenis musik lain seperti  hip-hop, KPOP, EDM, dan lainnya, musik dengan ciri khas Indonesia ini ternyata juga digandrungi oleh generasi muda. 

tSurvey.id telah melakukan survei terhadap Gen Z untuk mencari tahu ketertarikan mereka terhadap musik koplo. Dari 174 responden62% mengaku mengikuti tren musik koplo dan 38% lainnya tidak mengikuti tren ini. Genre dangdut koplo Jawa yang sebelumnya memang sudah memiliki penikmatnya sendiri, kini semakin diminati penikmat baru yang hadir seiring dengan munculnya karya-karya musisi koplo yang hits di kalangan anak muda. Variasi musik, lirik dan penampilan panggung yang semakin kreatif menjadi daya tarik bagi kalangan Gen Z untuk mengikuti perkembangan musik koplo. 

Sejak lama, musik koplo juga dikenal sebagai musik ambyar atau patah hati. Ternyata Gen Z berpendapat serupa, bahwa musik koplo adalah musik yang tepat untuk menemani patah hati. Sebanyak 57% responden setuju dengan hal tersebut. Namun, 41% lainnya berpendapat netral. Meskipun dikatakan sebagai musik untuk berjoget di kala patah hati, rupanya Gen Z juga mendengarkan koplo saat melakukan aktivitas lain. Berdasarkan hasil survei, mereka suka mendengarkan musik koplo di saat nongkrong (42%), sebagai pengiring belajar/ bekerja (24%), sebagai teman menyetir (22%) dan lainnya (12%)

Dari banyaknya kemunculan musisi koplo saat ini, sang maestro Didi Kempot masih menjadi penyanyi koplo yang paling dikenal oleh Gen Z. Lagunya yang terkenal ambyar dan musiknya yang nikmat untuk berjoget, menjadi faktor besarnya fanbase penyanyi yang dikenal sebagai ‘Godfather of Broken Heart’ iniNamun, ternyata ada nama lain yang juga banyak diketahui Gen Z sebagai penyanyi koplo, bersanding dengan Didi Kempot. Mereka adalah Denny Caknan, Via Vallen dan Happy Asmara. yang hingga kini berhasil membawakan karya berupa lagu-lagu koplo hits yang sering didengar dan diketahui oleh Gen Z.

Nama-nama yang hilir mudik di kancah perkoploan inilah yang menjadi faktor antusiasme para Gen Z untuk menonton secara langsung penampilan musik koplo dalam sebuah konser. Survei mengatakan bahwa 55% responden pernah membeli tiket konser untuk menonton penyanyi koplo favorit mereka. Selain itu 76% dari responden memiliki ketertarikan untuk membeli tiket dan menghadiri konser yang mengundang penyanyi koplo. 

Melalui data yang telah dikumpulkan dari survey ini, kita dapat mengetahui bahwa musik koplo mampu menciptakan dan memperkuat rasa cinta generasi muda terhadap budaya. Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu termasuk pecinta musik koplo? 

Untuk insight dan survei menarik lainnya, kunjungi tSurvey.id untuk mendapatkan berbagai kemudahan survey digital bagi kebutuhan riset bisnismu.

Author

Eko Septiady

Posted Date

Sep 15, 2022

Disney+ Hotstar jadi Penyedia Layanan Streaming OTT Paling Diminati di Indonesia

Disney+ Hotstar jadi Penyedia Layanan Streaming OTT Paling Diminati di Indonesia

Apakah kamu masih sering menonton acara di stasiun televisi? Jika jawabanmu jarang atau tidak pernah, mungkin kamu adalah salah satu pengguna layanan streaming OTT berbayar. Layanan Over The Top (OTT) berbayar adalah layanan media streaming yang menayangkan konten di internet yang menerapkan sistem biaya berlangganan kepada penggunanya. Beragam konten video dapat dinikmati dari layanan streaming ini, mulai dari serial TV, film berlisensi hingga program orisinil. Beberapa penyedia layanan streaming OTT yang hadir di Indonesia adalah Netflix, Disney+, Vidio, Mola TV, Apple TV dan banyak lagi. Namun, seperti apa layanan OTT di Indonesia dan bagaimana perilaku pengguna layanan ini? tSurvey telah melakukan sebuah studi kepada 600 responden dengan rata-rata usia dibawah 35 tahun dan SES upper to middle class untuk mencari tau tentang perilaku pengguna layanan streaming OTT di Indonesia.

Read More
Article
Memahami Perubahan Perilaku Konsumen Indonesia di Bulan Ramadan

Memahami Perubahan Perilaku Konsumen Indonesia di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan selalu disambut antusias oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak aktivitas dan rutinitas baru yang hanya dilakukan di bulan Ramadan, seperti berpuasa, ngabuburit, buka bersama, mudik, hingga menyiapkan perayaan hari raya Idul Fitri. Hal itu mendorong adanya pergeseran perilaku sehari-hari masyarakat, seperti pada rutinitas kerja, kebiasaan olahraga, pola konsumsi, hingga kebiasaan berbelanja. Adanya perubahan perilaku konsumen ini tentunya harus dipahami oleh para pelaku bisnis agar bisa merencanakan strategi bisnisnya dengan efektif dan efisien. tSurvey.id telah melakukan studi kepada 2.555 responden dengan sebaran rata-rata konsumen di bawah 45 tahun dengan SES upper to lower class tersebar di 27 propinsi dan 137 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen selama bulan Ramadan. Berikut ini adalah ulasannya!

Read More
Article
Brand Ambassador Korea vs Lokal, manakah yang lebih berpengaruh?

Brand Ambassador Korea vs Lokal, manakah yang lebih berpengaruh?

Berbagai hal bernuansa Korea Selatan kini semakin mudah ditemukan. Mulai dari Korean Pop, Korean drama hingga Korean food semakin dikenal dan dicintai oleh warga lokal Indonesia. Tersebarnya budaya Korea Selatan atau yang disebut Korean Wave ini membuat artis asal Korea Selatan juga semakin mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia. Berbagai nama penyanyi, aktor atau aktris asal negeri ginseng semakin dikenal sampai memiliki fanbase-nya sendiri di Indonesia. Hal ini membuat berbagai merek internasional hingga lokal berlomba-lomba menjadikan nama-nama besar asal Korea Selatan sebagai brand ambassador untuk mempromosikan merek mereka.

Read More
Article
Membangun Potensi Bisnis di Bulan Ramadan dengan tSurvey

Membangun Potensi Bisnis di Bulan Ramadan dengan tSurvey

Ramadan selalu jadi waktu yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Di bulan ini akan terjadi perubahaan kebiasaan masyarakat, mulai dari pola kerja, pola konsumsi, dan masih banyak lagi. Menjadi penting buat pelaku bisnis untuk memahami pergeseran perilaku masyarakat dan memanfaatkannya sebagai momentum agar bisnis dapat berkembang selama Ramadan. Telkomsel melalui tSurvey telah merilis hasil riset mengenai Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang relevan buat para pelaku usaha dalam memaksimalkan peluang di bulan penuh berkah ini. Survey yang dilakukan kepada 2.500 responden di 27 provinsi di Indonesia ini mengungkap peluang bisnis baru, tren belanja, dan preferensi makanan yang bisa membantu pelaku usaha merancang strategi pemasaran yang tepat dan potensial mendatangkan cuan.

Read More
Article