bg-mask-group
Article

Author

Eko Septiady

Posted Date

Apr 18, 2023

Article
Memahami Perubahan Perilaku Konsumen Indonesia di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan selalu disambut antusias oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak aktivitas dan rutinitas baru yang hanya dilakukan di bulan Ramadan, seperti berpuasa, ngabuburit, buka bersama, mudik, hingga menyiapkan perayaan hari raya Idul Fitri. Hal itu mendorong adanya pergeseran perilaku sehari-hari masyarakat, seperti pada rutinitas kerja, kebiasaan olahraga, pola konsumsi, hingga kebiasaan berbelanja. Adanya perubahan perilaku konsumen ini tentunya harus dipahami oleh para pelaku bisnis agar bisa merencanakan strategi bisnisnya dengan efektif dan efisien.

tSurvey.id telah melakukan studi kepada 2.555 responden dengan sebaran rata-rata konsumen di bawah 45 tahun dengan SES upper to lower class tersebar di 27 propinsi dan 137 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen selama bulan Ramadan. Berikut ini adalah ulasannya!

Apakah kondisi ekonomi saat ini mempengaruhi dalam persiapan menyambut bulan Ramadan 2023?

Kondisi post-pandemic dan juga isu ekonomi global yang terlihat tidak baik ternyata mempengaruhi cara sebagian responden dalam mempersiapkan bulan Ramadan 2023. Mereka melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi, seperti melonjaknya harga kebutuhan sehari-hari.

tSurvey.id mengidentifikasi jawaban para responden dan menemukan berbagai persiapan mereka lakukan dalam mempersiapkan diri pada bulan Ramadan dalam kondisi perekonomian yang kurang baik dengan cara: 20% responden menyiapkan tabungan lebih awal, 20% responden menyiapkan dana lebih untuk menyambut Ramadan, 10% beralih menjadi wirausaha karena terdampak PHK, dan 10% responden menyatakan harus bekerja lebih keras sebagai pekerja paruh waktu.

Bagaimana cara menyiapkan hidangan saat berbuka dan sahur?

Kewajiban berpuasa membuat para responden harus menyiapkan hidangan untuk berbuka dan sahur. Sebanyak 60% responden memilih untuk memasak dan membuat makanan sendiri saat buka dan sahur sebagai opsi utama mereka. Namun, ada perbedaan preferensi untuk alternatif pilihan hidangan sahur dan berbuka. Untuk hidangan sahur, responden lebih menyukai memasak frozen food sebagai alternatif, sedangkan untuk berbuka, mereka lebih memilih membeli makanan siap saji.

Berapakah anggaran ekstra yang dibutuhkan untuk menyiapkan kebutuhan rumah tangga di bulan Ramadan?

Menyambut bulan Ramadan, sebagian besar responden menyiapkan anggaran ekstra untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berbelanja. Anggaran antara Rp500.000 - Rp1.000.000 adalah anggaran yang paling banyak disiapkan oleh responden (35%). Sementara itu, 17% dari mereka menyiapan anggaran kurang dari Rp500.000, 29% menyiapkan anggaran antara Rp1.000.000 - Rp2.500.000, dan 19% sisanya menyiapkan anggaran hingga lebih dari Rp2.500.000.

Kategori barang apa yang kebutuhannya meningkat selama bulan Ramadan?

Saat bulan Ramadan, kebutuhan konsumen meningkat dibandingkan biasanya, terutama kategori makanan dan minuman. Sebanyak 77% responden menyatakan bahwa kategori makanan dan minuman adalah kebutuhan yang mengalami peningkatan tertinggi di bulan Ramadan. Kategori fashion berada di peringkat kedua dengan 58%, diikuti oleh elektronik dan beauty & health (11%), peralatan rumah tangga (8%), furnitur dan dekorasi (6%), mainan & hobi (4%), otomotif (3%), buku & kantor (2%), dan kategori lainnya (15%).

Media apa yang paling mempengaruhi dalam melakukan pembelian?

Banyaknya diskon dan promo spesial Ramadan di berbagai media ikut mempengaruhi kebiasaan belanja responden di bulan suci ini. Melihat penawaran atau diskon menarik di mall dan pusat perbelanjaan adalah media yang paling mempengaruhi responden (32%). Adapun media lain yang mempengaruhi konsumen melakukan pembelian adalah iklan di website (18%), konten di IG & FB (14%), konten di TikTok (12%), konten di YouTube (7), iklan TV (6%), SMS (1%), dan iklan di Billboard (1%).

Namun, jika dilihat dari kategori umur, ada perbedaan opini tentang media yang paling mempengaruhi kebiasaan belanja responden. Gen X dan Millenial lebih terpengaruh oleh iklan TV dibandingkan Gen Z. Sementara itu, media yang paling mempengaruhi Gen Z adalah konten di TikTok.  

Berdasarkan studi ini dapat kita simpulkan, bahwa terjadi berbagai penyesuaian pola aktivitas konsumen pada bulan Ramadan. Adanya perubahan perilaku konsumen pada rutinitas sehari-hari, seperti meningkatnya kebutuhan dan kebiasaan belanja ini harus diperhatikan agar campaign Ramadan yang kamu lakukan berjalan efektif.

Untuk mendapatkan insight yang lebih mendalam tentang studi ini, kamu juga bisa mengunduh laporan lengkapnya dengan klik link berikut ini tsel.id/ramadaninsight

Ikuti juga media sosial kami melalui Instagram @tsurvey.id dan LinkedIn tSurvey.id by Telkomsel untuk mendapatkan berbagai update tentang kemudahan layanan survei digital untuk kebutuhan riset pasar dari kami. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai insight pasar terbaru dari kami dengan subscribe research portal tSurvey.id ini. Semoga insight ini bermanfaat, ya!

Author

Eko Septiady

Posted Date

Apr 18, 2023

Disney+ Hotstar jadi Penyedia Layanan Streaming OTT Paling Diminati di Indonesia

Disney+ Hotstar jadi Penyedia Layanan Streaming OTT Paling Diminati di Indonesia

Apakah kamu masih sering menonton acara di stasiun televisi? Jika jawabanmu jarang atau tidak pernah, mungkin kamu adalah salah satu pengguna layanan streaming OTT berbayar. Layanan Over The Top (OTT) berbayar adalah layanan media streaming yang menayangkan konten di internet yang menerapkan sistem biaya berlangganan kepada penggunanya. Beragam konten video dapat dinikmati dari layanan streaming ini, mulai dari serial TV, film berlisensi hingga program orisinil. Beberapa penyedia layanan streaming OTT yang hadir di Indonesia adalah Netflix, Disney+, Vidio, Mola TV, Apple TV dan banyak lagi. Namun, seperti apa layanan OTT di Indonesia dan bagaimana perilaku pengguna layanan ini? tSurvey telah melakukan sebuah studi kepada 600 responden dengan rata-rata usia dibawah 35 tahun dan SES upper to middle class untuk mencari tau tentang perilaku pengguna layanan streaming OTT di Indonesia.

Read More
Article
Koplo, Musik Patah Hati Para Gen Z

Koplo, Musik Patah Hati Para Gen Z

Siapa yang tidak tahu musik koplo? Kini, musik yang masuk dalam sub aliran musik dangdut dengan menonjolkan instrumen gendang ini semakin diminati oleh berbagai kalangan termasuk Generasi Z. Banyaknya konten di media sosial yang menonjolkan lagu-lagu koplo, membuat jenis musik ini semakin dikenal oleh kalangan anak muda. tSurvey melakukan sebuah survei kilat mengenai ketertarikan Gen Z terhadap musik koplo. Berdasarkan hasil survei yang melibatkan 174 responden ini, ternyata lebih dari setengah responden Gen Z memiliki ketertarikan terhadap musik koplo. Dari data yang didapat oleh tSurvey, diketahui bahwa 62% mengikuti tren musik koplo saat ini.

Read More
Article
Brand Ambassador Korea vs Lokal, manakah yang lebih berpengaruh?

Brand Ambassador Korea vs Lokal, manakah yang lebih berpengaruh?

Berbagai hal bernuansa Korea Selatan kini semakin mudah ditemukan. Mulai dari Korean Pop, Korean drama hingga Korean food semakin dikenal dan dicintai oleh warga lokal Indonesia. Tersebarnya budaya Korea Selatan atau yang disebut Korean Wave ini membuat artis asal Korea Selatan juga semakin mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia. Berbagai nama penyanyi, aktor atau aktris asal negeri ginseng semakin dikenal sampai memiliki fanbase-nya sendiri di Indonesia. Hal ini membuat berbagai merek internasional hingga lokal berlomba-lomba menjadikan nama-nama besar asal Korea Selatan sebagai brand ambassador untuk mempromosikan merek mereka.

Read More
Article
Membangun Potensi Bisnis di Bulan Ramadan dengan tSurvey

Membangun Potensi Bisnis di Bulan Ramadan dengan tSurvey

Ramadan selalu jadi waktu yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Di bulan ini akan terjadi perubahaan kebiasaan masyarakat, mulai dari pola kerja, pola konsumsi, dan masih banyak lagi. Menjadi penting buat pelaku bisnis untuk memahami pergeseran perilaku masyarakat dan memanfaatkannya sebagai momentum agar bisnis dapat berkembang selama Ramadan. Telkomsel melalui tSurvey telah merilis hasil riset mengenai Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang relevan buat para pelaku usaha dalam memaksimalkan peluang di bulan penuh berkah ini. Survey yang dilakukan kepada 2.500 responden di 27 provinsi di Indonesia ini mengungkap peluang bisnis baru, tren belanja, dan preferensi makanan yang bisa membantu pelaku usaha merancang strategi pemasaran yang tepat dan potensial mendatangkan cuan.

Read More
Article